Madilla, Renovica (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Seni Budaya (Musik) di Kelas X SMAN I Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RENOVICA_MADILLA_1301188_4530_2018.pdf [thumbnail of final_B1_6_RENOVICA_MADILLA_1301188_4530_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RENOVICA_MADILLA_1301188_4530_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya antusias murid dalam pembelajaran seni budaya (musik). Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan seni budaya (musik) di SMAN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan peneliti dibantu dengan instrumen pendukung seperti catatan observasi dan dokumen. Jenis penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dan data bersifat non tes yakni melalui wawancara dan observasi pada sampel penelitian. Format penilaian menggunakan format observasi check list atau skala presentase yang kemudian dideskripsikan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui komunikasi interpersonal yang menerapkan segala metode pembelajaran, guru di SMAN I Nan Sabaris berhasil dalam proses pembelajaran. Strategi komunikasi kelompok yang diterapkan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses belajar mengajar melalui komunikasi interpersonal, baik guru maupun murid dapat saling memahami dan mengerti karakter masing-masing sehingga proses pendidikan dapat berlangsung dengan baik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seni Budaya,Musik |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17393 |