Putra, Syafril (2013) Kontribusi Kreativitas Belajar dan Sarana Prasarana terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Rao Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SYAFRIL_PUTRA_06184_3784_2013.pdf [thumbnail of B1_05_SYAFRIL_PUTRA_06184_3784_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SYAFRIL_PUTRA_06184_3784_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Menerapkan dasar-dasar Elektronika (MDDE) siswa jurusan teknik audio video SMK Negeri 1 Rao Selatan, dimana 32,50% siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran MDDE yaitu 70 dengan rentang nilai 0– 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi kreativitas belajar dan sarana prasarana terhadap hasil belajar mata pelajaran MDDE siswa jurusan teknik audio video di SMK Negeri 1 Rao Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Rao Selatan, terdiri dari dua kelas yang berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran MDDE SMK Negeri 1 Rao Selatan. Sedangkan data kreativitas belajar dan Sarana Prasarana dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kreativitas belajar memberikan kontribusi sebesar 17,68% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Rao Selatan; (2) Sarana prasarana memberikan kontribusi sebesar 31,28% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Rao Selatan; (3) Kreativitas belajar dan sarana prasarana secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 42,33% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Rao Selatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kreativitas belajar dan Sarana Prasarana berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi kreativitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar dan semakin baik Sarana prasana belajar, maka hasil belajar akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Belajar, Sarana Prasarana, Hasil Belajar, Deskriptif Korelasi, Simple Random Sampling |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17354 |