Syafrita, Rena (2013) Pengaruh Leverage, Earning per Share dan Prosentase Penawaran Saham terhadap Underpricing pada perusahaan yang IPO di Bursa Efek indonesia (BEI) Tahun 2008-2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RENA_SYAFRITA_13029_5169_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RENA_SYAFRITA_13029_5169_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RENA_SYAFRITA_13029_5169_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1)Pengaruh leverage (DER) terhadap underpricing, 2)Pengaruh earning per share (EPS) terhadap underpricing, dan 3)Pengaruh prosentase penawaran saham (PPS) terhadap underpricing. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia tahun 2008 sampai dengan tahun 2012. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 0,05 maka hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) leverage (DER) tidak berpengaruh positif terhadap underpricing dengan tingkat signifikansi 0,013 < 0,05 atau t hitung > t tabel (-2,558 > 1,997) dan β -5,973 (H ditolak). 2) earning per share (EPS) tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap underpricing dengan tingkat signifikansi 0,248 > 0,05 atau t hitung < t tabel 1 (1,166 < 1,997) dan β 0,045 (H ditolak). 3) prosentase penawaran saham (PPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing dengan tingkat signifikansi 0,334 > 0,05 atau t (0,973 < 1,997) dan β -25,031 (H ditolak). Bagi perusahaan, yang akan ataupun sudah melakukan IPO diharapkan 3 untuk mempertimbangkan informasi akuntansi dan non-akuntansi yang lainnya agar harga saham perdana tidak terlalu mengalami underpricing yang signifikan. Bagi investor yang ingin melakukan investasi di pasar perdana sebaiknya tidak hanya memperhatikan leverage, earning per share, dan prosentase penawaran saham untuk memprediksi underpricing, karena masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap underpricing, Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat mengkolaborasikan berbagai variabel yang relevan dalam mempengaruhi underpricing, mempertimbangkan jangka waktu pengamatan dan menambah jumlah sampel karena penelitian ini hanya terbatas untuk melihat pengaruh leverage, earning per share, dan prosentase penawaran saham terhadap underpricing pada perusahaan IPO non-keuangan saja. hitung < t 2 tabel
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Leverage,Earning per Share |
Subjects: | A Accountant |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17350 |