Sunarti, Sunarti (2018) Komparasi Metode Teams Games Tournament (TGT) dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SUNARTI_1302383_3269_2018.pdf [thumbnail of B1_05_SUNARTI_1302383_3269_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SUNARTI_1302383_3269_2018.pdf
Download (886kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran mana yang lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Teknik Audio Video SMK negeri 5 Padang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen, dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobality sampling dengan purposive sampling dengan desain penelitian times series, sebagai kelas ekperimen adalah kelas 1E1-B dengan menerapkan metode pembelajaran Tames Games Tournament (TGT) pada ekperimen I dan Problem Based Learning (PBL) pada eksperimen II. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian pembelajarang yang mengguakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memndapatkan rata-rata 75,94 dan Problem Based Learning (PBL) mendapatkan nilai rata-rata 80,94 dengan presentase perbandingan 6,58%. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapat thitung > ttabel yaitu (2,538 > 2,039), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dan didapat komparasi yang berarti, terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi nilainya dari pada yang menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ekperimen I, Eksperimen II, Komparasi. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:23 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17328 |