Keswari, Lia (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif denganMenggunakan Strategi Preview, Question, Read,Reflect, Recite, Review (PQ4R) Siswa Kelas VI SDN 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LIA_KESWARI_56847_1372_2013.pdf [thumbnail of B1_6_LIA_KESWARI_56847_1372_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LIA_KESWARI_56847_1372_2013.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam
membaca intensif. Penyebabnya adalah guru dalam melaksanakan pembelajaran
membaca intensif belum menggunakan strategi membaca yang efektif.
Penggunaan strategi PQ4R dalam pembelajaran membaca intensif merupakan
salah satu alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran membaca di kelas
tinggi sekolah dasar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan
peningkatan keterampilan membaca intensif dengan menggunakan strategi PQ4R
di kelas VI SDN 37 Sei. Bangek pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai
guru dan siswa kelas VI SDN 37 Sungai Bangek yang berjumlah 24 orang.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian dilakukan dengan enam
tahap yaitu (1) studi pendahuluan, (2) refleksi awal, (3) perencanaan, (4)
pelaksanaan, (5) pengamatan, (6) refleksi. Data dikumpulkan dengan
menggunakan teknik observasi. Sumber data adalah pelaksanaan pembelajaran
membaca intensif dengan menggunakan strategi PQ4R di kelas VI SDN 37 Sei.
Bangek.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan
membaca intensif di kelas VI SDN 37 Sei. Bangek dengan menggunakan strategi
PQ4R pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca. Hasil pembelajaran yang
diperoleh siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata siswasetiap tahap adalah (1)
prabaca 73,6, (2) saatbaca 60,6, (3) pascabaca 64,5 dan hasil belajar yang
diperoleh siswa pada siklus II adalah (1) prabaca 81,9, (2) saatbaca 91,2, (3)
pascabaca 87,5.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17312 |