Kontribusi Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tilatang Kamang

Sulastri, Sulastri (2012) Kontribusi Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tilatang Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SULASTRI_00676_2495_2012.pdf] Text
B1_05_SULASTRI_00676_2495_2012.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya Hasil Belajar siswa kelas XI pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dalam Mata Pela jaran TIK, dimana lebih dari 50% siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketunta san Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Kontribusi Mo tivasi Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada mata pelajaran TIK di SMAN 1 Tilatang Kamang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi motiva si belajar terhadap hasil belajar, 2) terdapat kontribusi penggunaan media pembe lajaran CD interaktif terhadap hasil belajar, 3) terdapat kontribusi motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran CD interaktif secara bersama – sama terha dap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Sampel pe nelitian ini 56 orang siswa kelas XI di SMAN 1 Tilatang Kamang dengan popula si sebanyak 125 orang. Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran Tek nonologi Informasi dan Komunikasi dan dari tata usaha sekolah SMAN 1 Tila tang Kamang, data ini merupakan cerminan hasil belajar dalam mata pelajaran TIK. Sedangkan data motivasi dan penggunaan media pembelajaran CD interaktif dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode sta tistik dengan batuan SPSS versi 16.0 untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan : 1) Motivasi belajar memberikan kon tribusi sebesar 50% terhadap hasil belajar siswa, 2) Penggunaan Media Pembela jaran CD Interaktif memberikan kontribusi sebesar 41% terhadap hasil belajar siswa, 3) Motivasi belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif secara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 55% terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran TIK di SMAN 1 Tilatang Kamang. Hal ini berarti bahwa Motivasi Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran CD Interak tif mempengaruhi Hasil Belajar, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin tinggi penggunaan media pembelajaran CD interaktif dalam proses belajar men gajar, maka Hasil Belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Media Pembelajaran CD Interaktif, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:18
Last Modified: 25 Jul 2025 03:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

View Item
View Item