Malini, Lenni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) di Kelas IV SDN 06 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LENNI MALINI_57121_403_2013.pdf [thumbnail of B1_6_LENNI MALINI_57121_403_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LENNI MALINI_57121_403_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan yaitu di SDN 06 Gunung
Tuleh bahwa pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang tepat ,dimana guru
hanya mendominasi saja dan konvensional, Sehingga hasil belajar siswa rendah..
Penggunaan media dalam mengajar jarang dilakukan, metode yang kurang tepat
dalam mengajar, bahkan guru sangat jarang sekali menggunakan model kooperatif
learning. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn di
kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SD Negeri 06
Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Sumber data adalah proses penerapan model kooperatif learning tipe TGT dalam
meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SD 06 Gunung Tuleh Kabupaten
Pasaman Barat. Berdasarkan hasil penelitian, yang diperoleh bahwa pendekatan
belajar kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan empat
langkah pendekatan pembelajarn kooperatif yaitu: 1) Persentase kelas, 2) Belajar
kelompok, 3) Permaianan (game, tournament), 4) Penghargaan kelompok.
Dengan menggunakan model kooperatif learning tipe TGT dalam pembelajaran
PKn terbukti efektif.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya
peningkatan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I dengan hasil RPP 78%, aspek
guru 85%, aspek siswa 70%, aspek kognitif 69%, afektif 69% dan psikomotor
68%, Siklus I pertemuan II dengan hasil RPP 75%, aspek guru 75%, aspek siswa
75%, kognitif 70%, afektif 71% dan psikomotor 72%, siklus II dengan hasil RPP
78%, aspek guru 79%, aspek siswa 83%, persentase ketuntasan nilai kognitif
81%, nilai afektif 80% nilai psikomotor 80%. Dengan demikian dapat
disimpulkan pada penelitian tindakan kelas yaitu melalui pendekatan
pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17240 |