Lubis, Lenni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT di Kelas IV SDN 02 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LENNI LUBIS_58411_1642_2013.pdf [thumbnail of B1_6_LENNI LUBIS_58411_1642_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LENNI LUBIS_58411_1642_2013.pdf
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 02 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, peneliti melaksanakan pembelajaran IPA masih kurang menarek bagi siswa. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Pendekatan Cooperative Learning tipe TGT. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, penggunaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan Cooperative Learning tipe TGT pada pembelajaran IPA dengan menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan langkah-langkahnya: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Untuk pengolahan data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan meminta teman sejawat sebagai observer. Data penelitian ini berupa informasi tentang tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan RPP, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil belajar kognitif, afektif, dan psikhomotor. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 25 orang beserta guru kelasnya. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan yaitu terlihat dari perencanaan, pelaksanaan (aspek guru dan aspek siswa) dan hasil belajar. Pada perencanaan mengalami peningkatan rata-rata dari siklus I 76,75 menjadi 96,4 pada siklus II. Pada pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I yaitu 68,75 meningkat menjadi 93,75 pada siklus II, kemudian Pada pelaksanaan pembelajaran aspek siswa siklus I adalah 65,6 meningkat menjadi 93,75 pada siklus 2. Hasil belajar pada siklus I diperoleh ratarata 69,06 dan siklus II diperoleh rata-rata 87,2. Berdasarkan hasil belajar tersebut maka dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17238 |