Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Literasi Baru Siswa Kelas XI SMA.

Syarafina. R, Syarafina. R (2020) Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Literasi Baru Siswa Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SYARAFINA_R_16033063_495_2020.pdf] Text
B1_5_SYARAFINA_R_16033063_495_2020.pdf

Download (11MB)

Abstract

Abad 21 menuntut SDM yang tanggap dan sigap untuk menghadapipersaingan. Kurikulum 2013 revisi 2017 merupakan upaya untuk menyongsongkehidupan abad 21, bertujuan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif,berkolaborasi dan berkomunikasi. Namun, kenyataan dilapangan literasi siswa disekolah masih rendah dan kegiatan literasi dalam pembelajaran belum berjalandengan baik. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalahmengembangkan LKS untuk meningkatkan literasi baru. Tujuan penelitian inimenentukan validasi, kepraktisan dan efektivitas penggunaan LKS fisika.Jenis penelitian yang dilakukan Research and Development (R&D). Objekpenelitian ini adalah LKS fisika materi kalor dan teori kinetik gas yang diuji cobaterbatas pada satu kelas XI. Sumber data dari penelitian ini adalah tim validatormeliputi dosen fisika FMIPA dan siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Nan Sabarissebagai pengguna LKS. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah:lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar efektivitas berupa tes hasil belajar danpenilaian keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisdeskriptif terhadap validasi dan kepraktisan produk, analisis uji berkolerasi untukaspek pengetahuan dan uji wilcoxon untuk keterampilan.Berdasarkan analisis data dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, LKSdengan nilai validasi 89,66 kategori baik sekali. Kedua, LKS fisika dengan nilaikepraktisan 89,77 kategori baik sekali. Ketiga, penggunaan LKS fisika efektif dalampembelajaran fisika untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan danketerampilan siswa. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS fisikamateri kalor dan teori kinetik gas valid, praktis, dan efektif digunakan dalampembelajaran fisika untuk meningkatkan literasi baru siswa kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA SISWA, KALOR, KINETIK GAS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:31
Last Modified: 25 Jul 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item
View Item