Fiska, Lenni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas IV SDS Islam Al-Falah Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LENNI FISKA 56848_25_2013.pdf [thumbnail of B1_6_LENNI FISKA 56848_25_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LENNI FISKA 56848_25_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran
sering didominasi oleh guru sehingga hasil belajar IPA siswa belum sesuai dengan
yang diharapkan.Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan
pendekatan Konstruktivisme di kelas IV SDS Islam Al-Falah Kota Bukittinggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDS
Islam Al-Falah Kota Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus
secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi
tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan
pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA tentang perubahan lingkungan
di kelas IV SDS Islam Al-Falah Kota Bukittinggi. Subjek penelitian adalah guru
dan siswa kelas IV SD terteliti.
Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme dibagi dalam tiga tahap pembelajaran, yaitu kegiatan awal, inti,
dan akhir. Pada kegiatan awal dilaksanakan dengan melakukan appersepsi,
kegiatan inti menggunakan langkah-langkah konstruktivisme, serta pada kegiatan
akhir dilaksanakan penyimpulan pelajaran dan pemberian evaluasi pada siswa.
Bentuk pelaksanaan pembelajaran IPA disesuaikan dengan langkah-langkah
penggunaan pendekatan konstruktivisme adalah: pada kegiatan awal yaitu
menentukan tujuan, pada kegiatan inti disesuaikan dengan langkah-langkah
konstruktivisme yaitu: mengaktifkan pengetahuan yang ada, pemerolehan
pengetahuan baru, pemahaman pengetahuan, menerapkan pengetahuan dan
pengalaman yang diperoleh, serta refleksi. Dan pada kegiatan akhir yaitu tindak
lanjut. Hasil belajar sebelum melaksanakan penelitian rata-rata 65,45 pada siklus II
rata-rata 85,38. Hasil belajar siswa dari sebelum melaksanakan penelitian sampai
siklus II sudah mulai meningkat. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan
hasil belajar IPA di kelas IV SDS Islam Al-Falah Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17235 |