Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Yunita, Leni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_LENI_YUNITA_11904_2081_2014.pdf] Text
B1_6_LENI_YUNITA_11904_2081_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi karena rendahnya hasil belajar operasi hitung
campuran bilangan bulat di kelas V SD Negeri 02 Lubuk Sikaping.
Pembelajarannya bersifat konvensional berupa transfer ilmu dari guru sehingga
siswa menjadi pasif dan hasil belajar rendah. Untuk mengatasi hal tersebut,
peneliti melakukan tindakan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual
Teaching and Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk
perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran operasi hitung campuran
bilangan bulat di kelas V SD Negeri 02 Lubuk Sikaping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek
penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas V SD Negeri 02 Lubuk Sikaping
yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian ini
diperoleh melalui observasi dan tes.
Hasil penelitian yang dilakukan (a) perencanaan siklus I adalah 67,9 % dan
siklus II adalah 85,7 %, (b) pelaksanaan aspek guru siklus I 71,5 %, siklus II 92,9
% dan aspek siswa siklus I 69,7% siklus II 89,3 %, (c) hasil belajar siswa siklus I
kognitif 69,5, afektif 69,8, sedangkan psikomotor 70. Pada siklus II, diperoleh
hasil kognitif 83,3, afektif 82,1 dan psikomotor 82,1. Disimpulkan bahwa
pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar
operasi hitung campiran bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:31
Last Modified: 25 Jul 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17226

Actions (login required)

View Item
View Item