Herlina, Leni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPADengan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 28 Ganting Selatan Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LENI_HERLINA_56868_1251_2014.pdf [thumbnail of B1_6_LENI_HERLINA_56868_1251_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LENI_HERLINA_56868_1251_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan siswa dalam
memahami konsep IPA, karena pembelajaran mayoritas masih menggunakan
metode ceramah, akibatnya pembelajaran kurang menyenangkan bagi siswa
terbukti dari nilai IPA masih rendah. Untuk itu diadakan penelitian tindakan kelas
yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Inkuiri.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus yang meliputi
empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian tindakan kelas ini guru dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 28
Ganting Selatan yang berjumlah 24 orang. Data penelitian ini berupa hasil
pengamatan, dan hasil tes. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan, dan
hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Inkuiri di
kelas IV SD Negeri 28 Ganting selatan.
Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penilaian
RPP siklus I 69,64% (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 85,71%(sangat
baik). Aktivitas guru siklus I 69,31 %(cukup) dan siklus II meingkat menjadi
81,81% (sangat baik). Aktivitas siswa siklus I 64,77%(cukup) dan siklus II
86,36% (baik). Rata-rata hasil belajar siswa ( kognitif,afektif, psikomotor) siklus I
72,19 dan pada siklus II 84,13. Dengan demikian demikian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri
28 Ganting Selatan Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:25 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17195 |