Suryani, Ira Okmul (2015) Hubungan antara Harga Diri dengan Penyesuaian Diri Siswa di SMP N 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_IRA_OKMUL_SURYANI_1105558_4610_2015.pdf [thumbnail of B1_5_IRA_OKMUL_SURYANI_1105558_4610_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_IRA_OKMUL_SURYANI_1105558_4610_2015.pdf
Download (426kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa adanya siswa yang
mengalami permasalahan dalam hal penyesuaian diri di sekolah, baik penyesuaian
diri terhadap teman sebaya maupun penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah.
Salah satu penyebab permasalahan penyesuaian diri siswa ialah rendahnya harga
diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran harga diri,
penyesuaian diri siswa, dan menguji hubungan antara harga diri dengan
penyesuaian diri siswa di sekolah
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi
penelitian ini mencakup siswa kelas VII dan kelas VIII di SMP N 15 Padang
yang berjumlah 337 orang. Jumlah sampel yaitu 183 orang siswa, yang diperoleh
dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan
dengan mengadministrasikan angket, dan dinalisis menggunakan persentase.
Untuk melihat hubungan di antara kedua variabel, digunakan teknik Pearson
Product Moment Correlation melalui program statistik SPSS for windows release
20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diri berada pada kategori
tinggi, penyesuaian diri berada pada kategori baik, dan terdapat hubungan yang
signifikan antara harga diri dengan penyesuaian diri siswa di sekolah. Besaran r
hitung yaitu 0,547 yang berada pada taraf signifikansi 0,01. Melalui hasil
penelitian ini, Kepada Guru BK diharapkan mampu menyusun program berkenaan
dengan peningkatan harga diri siswa melalui layanan relevan, seperti layanan
informasi dan penguasaan konten berkaitan dengan upaya meningkatkan harga
diri dalam hal penghargaan dari diri sendiri dan penghargaan dari orang lain.
Misalnya kiat-kiat dalam meningkatkan kemandirian siswa, kiat dalam
meningkatkan kepercayaan diri siswa, kiat untuk meningkatkan kekuatan dari
dalam diri siswa, kiat untuk meningkatkan kompetensi siswa serta kiat untuk
mendapatkan penghargaan dari orang lain. Semakin tinggi harga diri siswa maka
penyesuaian diri siswa juga akan semakin baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENYESUAIAN DIRI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17184 |