Bari, Lela (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Model Interaktif Di Kelas IV SDN 12 Anak Air Dadok Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LELA_BARI_52498_438_2013.pdf [thumbnail of B1_6_LELA_BARI_52498_438_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LELA_BARI_52498_438_2013.pdf
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan observasi di SD Negeri 12 Anak Air Dadok yang dilaksanakan kelas
IV bahwa kurang terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, pembelajaran
yang berkomunikasi satu arah, serta metode yang dipakai guru dalam
pembelajaran yang monoton, sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai
dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan
menggunakan model interaktif, tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar IPS di kelas IV SDN 12 Anak Air Dadok kecamatan Lubuk Basung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
SDN 12 Anak Air Dadok. Prosedur penelitian dilakukan dalam empat tahapYaitu:
1). Perencanaan. 2). Pelaksanaan. 3). Pengamatan. 4). Refleksi.
Dari hasil yang telah dilakukan, di peroleh presentase perencanaan siklus1
pertemuan 1 adalah 64%, siklus1 pertemuan 2 adalah 78%, siklus II pertemuan 1
adalah 89%, siklus II pertemuan 2 adalah 96%. Hasil kegiatan pelaksanaan
pembelajaran guru dan siswa yang diamati observer diperoleh presentase aspek
guru siklus I pertemuan 1 adalah 67%,dan aspek siswa adalah 58%, siklus I
pertemuan 2 dari aspek guru adalah 75%, dan aspek siswa adalah 67%, sisklus II
pertemuan 1 aspek guru adalah 83%, dan aspek siswa adalah 75%, siklus II
pertemuan 2 dari aspek guru adalah 92%, dan aspek siswa adalah86%. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model interaktif dapat
meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada kelas IV SDN 12 Anank Air Dadok
kecamatan Lubuk Basung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, MODEL, INTERAKTIF. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17179 |