Fatmawati, Lea Rosna (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD N 07 Binuang Kampung Dalam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LEA_ROSNA_FATMAWATI_17129048_2001_2022.pdf [thumbnail of B1_6_LEA_ROSNA_FATMAWATI_17129048_2001_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LEA_ROSNA_FATMAWATI_17129048_2001_2022.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan
bahwa kurangnya kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan menguasai
konsep pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dan percaya diri dalam
mengungkapkan pemikirannya. Dalam hal ini akan mengakibatkan hasil belajar peserta
didik menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan
model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar
tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V yang berjumlah 13 orang pada
semester Juli-Desember tahun ajaran 2021/2022. Sumber data penelitian adalah RPP,
hasil pengamatan peserta didik dan guru serta hasil belajar peserta didik dengan teknik
yang digunakan berupa observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tematik terpadu
dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 88,88% dengan
kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kualifikasi
sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, persentase untuk
pengamatan aktivitas guru pada siklus I adalah 89,58% dengan kualifikasi baik
meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kualifikasi sangat baik. Persentase
hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 89,58% dengan kualifikasi
baik meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil
belajar tematik terpadu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,06 lalu meningkat di
siklus II menjadi 93,21. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat
meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 3 di kelas V SD N 07 Binuang
Kampung Dalam Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17156 |