Devi, Lativa Sasri (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas III SDN. No 23 Tanjung Gadang Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LATIVA_SASRI_DEVI_93673_3294_2014.pdf [thumbnail of B1_6_LATIVA_SASRI_DEVI_93673_3294_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LATIVA_SASRI_DEVI_93673_3294_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara
siswa. Siswa tidak berani jika diminta berbicara di depan kelas karena merasa
takut dan malu. Fenomena ini membuat peneliti tertarik melakukan penelitian.
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan rencana peningkatan keterampilan
berbicara, pelaksanaan peningkatan keterampilan berbicara, dan hasil peningkatan
keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran picture and picture
pada siswa kelas III SDN. No 23 Tanjung Gadang Kecamatan Sutera Kabupaten
Pesisir Selatan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuatitatif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas III SDN. No 23 Tanjung Gadang Kecamatan Sutera
Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 16 orang.
Hasil penelitian setiap siklus menunjukkan peningkatan keterampilan
berbicara siswa. Terlihat dari penerapan model pembelajaran picture and picture
dapat memotivasi siswa berani mengemukakan pendapat, ide, tanggapan dan
saran di depan kelas. Perencanaan siklus I 77% yang terlaksana, pada siklus II
88%. Pelaksanaan siklus I aspek guru terlaksana 63%, aspek siswa 59%.
Pelaksanaan siklus II aspek guru yang terlaksana 84%, aspek siswa 82%. Hasil
peningkatan keterampilan berbicara siklus I mendapat nilai rata-rata 66,15,
sedangkan siklus II 80,2. Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang
diperoleh siswa, terlihat peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dapat
disimpulkan bahwa, model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan
keterampilan berbicara siswa kelas III SDN. No 23 Tanjung Gadang Kecamatan
Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17148 |