Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas IV SDN 03 Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Juwita, Ira (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas IV SDN 03 Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IRA JUWITA_52532_73_2013.pdf] Text
B1_6_IRA JUWITA_52532_73_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa dalam pembelajaran pecahan di kelas IV SD 03 Pasar Bawan hasil belajar siswa masih rendah. Disebabkan karena Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 03 Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari Agam bahwa guru kelas IV SD mengajar penjumlahan pecahan belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Maka dilakukanlah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan langkah- langkah: 1). Tahap pembentukan konsep, 2). Tahap pengembangan model, 3). Tahap penerapan, 4). Tahap melatih kemampuan khusus (spesific abilities). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran operasi hitung pecahan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan bilangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek peneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV SDN 03 Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukan adanya peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan dengan pendidikan matematika realistik( PMR ). Siklus I untuk perencanaan mendapatkan perolehan skor rata-rata dengan kategori baik, pelaksanaan dari aspek guru dengan perolehan skor rata-rata dengan kategori baik dan pelaksanaan dari aspek siswa dengan perolehan skor rata-rata dengan kategori cukup. Sedangkan hasil belajar siklus I dari aspek kognitif mendapatkan nilai 65,9, aspek afektif 66,3 dan dari aspek psikomotor 70,4. Pada siklus II untuk perencanaan mendapatkan perolehan skor rata-rata dengan kategori sangat baik, pelaksanaan dari aspek guru dengan perolehan skor rata-rata dengan kategori sangat baik, pelaksanaan dari aspek siswa dengan skor rata dengan kategori sangat baik. dan hasil belajar pada siklus II pada aspek konitif mendapatkan nilai 91,6, dari aspek afektif mendapatkan nilai 81,1 dan dari aspek psikomotor 70,9. Dari hasil perencanaan , pelaksanaan, dan hasil belajar tersebut terbuktilah bahwa penggunaan pendekatan…dapat meningkatakan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENJUMLAHAN PECAHAN, PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:00
Last Modified: 24 Jul 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item
View Item