Pratiwi, Intan Desy (2020) Hubungan antara Konsep Diri dengan Arah Kematangan Karir Siswa di SMK Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_INTAN_DESY_PRATIWI_16006026_195_2021.pdf [thumbnail of B1_5_INTAN_DESY_PRATIWI_16006026_195_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_INTAN_DESY_PRATIWI_16006026_195_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kematangan karir adalah kesiapan peserta didik untuk membuat
keputusan-keputusan karir dengan tepat yang mencangkup aspek perencanaan
karir, ekplorasi karir, informasi, pengambilan keputusan dan orientasi realitas.
Salah satu faktor yang mempengaruhi arah kematangan karir siswa adalah konsep
diri. Konsep diri adalah persepsi seseorang mengenai gambaran, penilaian, serta
keyakinan terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini dilatar belakangi adanya
beberapa siswa yang belum mampu merencanakan masa depan karirnya dan ada
beberapa siswa yang memiliki kayakinan bahwa keberhasilan yang didapatkan
ditentukan oleh keberuntungan, kesempatan dan nasib. Tujuan penelitian ini
adalah (1) mendeskripsikan konsep diri, (2) mendeskripsikan arah kematangan
karir siswa di sekolah serta (3) menguji hubungan antara konsep diri dengan arah
kematangan karir siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Padang.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskripsi korelasional, dengan sampel sebanyak 187 orang siswa SMK Negeri 6
Padang, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instruman yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disebar melalui aplikasi google
froms. Dengan berpedoman skala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik
deskriptif dan teknik Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan
program SPSS.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Konsep diri berada dikategori
cukup tinggi dengan frekuensi 51.34%, (2) arah kematangan karir siswa disekolah
cenderung berada dikategori cukup matang dengan frekuensi 47,59%, dan (3)
Terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan arah
kematangan karir siswa dengan koefiisien korelasi 0,967 dan taraf signifikansi
sebesar 0,000. Berdasarkan temuan ini diharapkan guru Bimbingan dan
konseling/Konselor untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan layanan
bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan karir untuk membantu
siswa dalam meningkatkan kematangan karirnya
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANTARA KONSEP DIRI DENGAN ARAH KEMATANGAN KARIR SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:45 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 04:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17079 |