Mubaraq, Insana (2012) Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Cara Belajar: Studi Korelasional terhadap Siswa SMA Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_INSANA MUBARAQ_83205_1122_2012.pdf [thumbnail of B1_5_INSANA MUBARAQ_83205_1122_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_INSANA MUBARAQ_83205_1122_2012.pdf
Download (142kB)
Abstract
Konsep diri adalah penilaian terhadap individu, bagaimana individu itu
bersikap, berbicara, dan setiap hal yang dilakukannya. Sedangkan konsep diri
akademik yaitu penilaian individu dalam kegiatan akademiknya, atau kemampuan
individu dalam melaksanakan kegiatan akademiknya seperti, belajar, mengikuti
peraturan di sekolah, dan lain-lain. Kenyataan ada beberapa siswa merasa kurang
mampu dalam belajar, merasa takut akan mata pelajaran tertentu, dan merasa
kurang mampu untuk berprestasi di dalam belajar dan di sekolah. Pelaksananaan
cara belajar di sekolah tidak selalu seefektif yang kita bayangkan. Masih banyak
siswa yang mempunyai cara belajar yang kurang baik seperti sering tidak
mengerjakan tugas, kalaupun mengerjakan tugas, dikerjakan dengan asal-asalan,
sering terlambat masuk sekolah, dan hanya akan belajar pada waktu menghadapi
ujian.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep diri akademik dan cara
belajar dan melihat hubungan antara konsep diri akademik dengan cara belajar
siswa.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional, instrumen
penelitian adalah kuesioner, dengan populasi 550 orang siswa, sampel penelitian
85 orang siswa yang diambil dari setiap kelas X dan XI, dan diolah dengan teknik
persentase dan menggunakan rumus korelasi.
Hasil penelitian konsep diri akademik menunjukkan bahwa dari 85 siswa
55.6% siswa memiliki konsep diri akademik cukup baik. Hasil penelitian cara
belajar siswa menunjukkan bahwa 50.3% memiliki cara belajar yang cukup baik.
Terhadap hubungan yang antara konsep diri akademik dengan cara belajar dengan
r hitung 0.987, dan r tabel 0.213, dengan siginifikansi 0.005 dan tingkat
kepercayaan 95%.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan siswa mampu meningkatkan
konsep diri akademiknya terutama dalam perilaku yang baik dalam belajar. Peran
guru pembimbing diharapkan lebih meningkatkan cara belajar siswa melalui
layanan informasi dan layanan penguasaan konten dengan tema pentingnya
mengulang pelajaran di rumah. Untuk peneliti selanjutnya agar lebih memusatkan
penelitian dalam mengungkapkan hubungan konsep diri akademik dengan hasil
belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17059 |