Fitri, Laila (2013) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh, dan Profitabilitas terhadap Earning Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LAILA_FITRI_13047_3979_2013.pdf [thumbnail of B1_6_LAILA_FITRI_13047_3979_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LAILA_FITRI_13047_3979_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan yang
diukur dengan logaritma natural total aset, kesempatan bertumbuh yang diukur
dengan market to book ratio, dan profitabilitas yang diukur dengan ROA
terhadap earning response coefficient pada perusahaan yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia.
Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008 sampai
2011. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive
sampling sehingga diperoleh 49 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan
adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. ICMD 2008-2010,
laporan keuangan perusahaan dan dari situs yahoo.finance.com. Metode analisis
yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%,
maka hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) ukuran perusahaan tidak berpengaruh
signifikan terhadap earning response coefficient dengan nilai signifikansi 0,324 >
0,05 dan nilai koefisien β bernilai positif yaitu 0,019. (2) kesempatan bertumbuh
tidak berpengaruhh signifikan terhadap earning response coefficient dengan
tingkat signifikansinya sebesar 0,794 > 0,05 dan nilai koefisien β positif 0,007. (3)
profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap earning response coefficient
pada tingkat signifikansi 0,135 < 0,05 dan dengan nilai koefisien β positif 0,792.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan: (1) untuk penelitian yang
sama untuk memperpanjang periode penelitian, (2) menambah kategori sampel
penelitian tidak hanya pada perusahaan manufaktur saja misalnya pada
perusahaan yang terdaftar di BEI, (3) menambah variabel lain yang diduga
mempengaruhi ERC seperti beta, persitensi laba, luas pengungkapan, dan
persamaan harapan investor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17051 |