Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Video Menggunakan Sparkol VideoScribe untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA

Aldilha Y., Siti Fajar (2016) Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Video Menggunakan Sparkol VideoScribe untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SITI FAJAR_ALDILHA_YUDHA_1205664_5195_2016.pdf] Text
B1_05_SITI FAJAR_ALDILHA_YUDHA_1205664_5195_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pelajaran Fisika perlu dilengkapi dengan bahan ajar untuk membantu siswa memahami materi Fisika yang dipelajari. Saat ini, penggunaan bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran Fisika menggunakan kurikulum KTSP masih kurang. Alternatif solusi dari permasalahan ini adalah bahan ajar fisika berbasis video menggunakan sparkol videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar fisika berbasis video pada materi pokok optika geometri dan alat-alat optik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang menggunakan metode research and development (R&D). Metode ini terdiri dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai langkah ketujuh yaitu revisi produk. Objek penelitian adalah bahan ajar fisika berbasis video menggunakan sparkol videoscribe yang divalidasi oleh 5 orang validator, dan 3 orang guru serta 10 orang siswa sebagai praktisi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa bahan ajar fisika berbasis video menggunakan sparkol videoscribe. Produk penelitian dikategorikan valid dari aspek substansi materi, tampilan komunikasi visual, desain pembelajaran, dan pemanfaatan software dengan nilai rata-rata 87,55%. Produk penelitian juga dikategorikan praktis oleh guru dari aspek isi bahan ajar, kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, dan manfaat dengan nilai rata-rata 84,83% serta dikategorikan praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 87,08%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Fisika; Video Pembelajaran; Sparkol VideoScribe; Pembelajaran Fisika;
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:58
Last Modified: 24 Jul 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17032

Actions (login required)

View Item
View Item