Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Seni Rupa Siswa Kelas XI SMKN 4 Padang

Frenike, Siska (2017) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Seni Rupa Siswa Kelas XI SMKN 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SISKA_FRENIKE_1201088_629_2017.pdf] Text
B1_05_SISKA_FRENIKE_1201088_629_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar Pengetahuan Bahan Seni Rupa siswa kelas XI SMKN 4 Padang. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah hasil belajar Pengetahuan Bahan Seni Rupa siswa kelas XI SMKN 4 Padang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbeda secara signifikan dengan hasil belajar Pengetahuan Bahan Seni Rupa siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi ekspermental) dengan racangan penelitian berupa pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMKN 4 Padang yang belajar pengetahuan bahan seni rupa dan terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 169 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dari enam kelas dipilih dua yaitu kelas lukis XI A adalah kelas ekperimen dan kelas XI lukis B adalah kelas kontrol dengan masing masing kelas terdapat 26 orang siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0.05. Hasil penelitian pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memperlihatkan hasil belajar yang tinggi jika dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t tes pada program SPSS versi 16.00 diperoleh thitung yaitu 7.726 dan ttabel yaitu 2.059 (thitung>ttabel) dengan taraf signifikan 5% (ɑ = 0,05) ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif terhadap hasil belajar Pengetahuan Bahan Seni Rupa kelas XI di SMKN 4 Padang. Disarankan kepada guru-guru bidang studi Pengetahuan Bahan Seni Rupa untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini terutama dalam pembelajaran yang bersifat teori

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, pembelajaran Pengetahuan Bahan Seni Rupa, hasil belajar.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:53
Last Modified: 24 Jul 2025 03:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17011

Actions (login required)

View Item
View Item