Mirza, Innesda Mustika (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri 03 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_INNESDA _MUSTIKA_ MIRZA_57127_445_2013.pdf [thumbnail of B1_6_INNESDA _MUSTIKA_ MIRZA_57127_445_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_INNESDA _MUSTIKA_ MIRZA_57127_445_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman penulis mengajar di kelas IV SD Negeri 03 Kinali Kabupaten Pasaman Barat menunjukkan bahwa siswa kurang mengerti dalam pembelajaran pengurangan bilangan bulat positif dengan negatif (+) + (-) dan pengurangan dua bilangan bulat negatif (-) +(-) . Hal ini disebabkan siswa belum dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan dan jenis kelamin yang berbeda, dan selama proses pembelajaran siswa hanya menerima materi dari guru, kemudian mencatat dan mengerjakan latihan. Dimana siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran, semua kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk itu diadakanlah penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pengurangan bilangan bulat melalui model kooperatif tipe STAD Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. penelitian ini dilaksanakan di SD 03 Kinali, dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian siklus I pada perencanaan diperoleh hasil 73,21%, pelaksanaan dari aspek guru 72,72% dan dari aspek siswa 72,72%, hasil belajar siswa dengan rata-rata 66. Sedangkan pada siklus II perencanaan diperoleh hasil 85,71%, pelaksanaan dari aspek guru 88,63% dan dari aspek siswa 86,36%, hasil belajar siswa meningkat menjadi 83. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran pengurangan bilangan bulat. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PENGURANGAN BILANGAN BULAT, MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:56 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16917 |