Nainggolan, Janpieter Siregar (2012) eningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SDN 01 Murni Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JANPIETER SIREGARA NAINGGOLAN_52587_2165_2013.pdf [thumbnail of B1_6_JANPIETER SIREGARA NAINGGOLAN_52587_2165_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JANPIETER SIREGARA NAINGGOLAN_52587_2165_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas IV SDN 01 Murni Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman, ditemukan bahwa dalam pembelajaran PKn, masih berpusat pada guru.
Siswa menjadi pasif dan tidak kreatif yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar PKn.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn
melalui pendekatan cooperative learning tipe jigsaw di kelas IV SDN 01 Murni Panti Kecamatan Panti.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw, yang mana pendekatan cooperative learning tipe jigsaw ini dilakukan dalam 8 langkah yaitu : a) menyampaikan
informasi, b) membagi siswa dalam kelompok, c) membagi siswa kedalam kelompok ahli, d) membaca topik ahli, e) diskusi kelompok ahli, f) laporan tim, g) tes, dan h) penghargaan.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw
dapat meningkatka hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 01 Murni Panti. Hal Ini terlihat dari: 1) hasil penilaian RPP terjadi peningkatan dari presentase 74,5 % pada siklus I menjadi 89,28% pada siklus II. 2) hasil penilaian aspek guru terjadi peningkatan dari presentase 70% pada siklus I menjadi 91,67% pada siklus II. 3) pada aspek siswa mengalami peningkatan dari presentase 68% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. 4) hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai ratarata 73,5% pada siklus I meningkat menjadi 89% pada siklus II. Pada ranah apektif meningkat dari nilai rata-rata 70,5% pada siklus I mejadi 86% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa pendekatan cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatakn hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16910 |