Sari, Janila Putri (2016) Peningkatan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas IV SDN 35 Padang Sarai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JANILA_PUTRI_SARI_1200603_5281_2016.pdf [thumbnail of B1_6_JANILA_PUTRI_SARI_1200603_5281_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JANILA_PUTRI_SARI_1200603_5281_2016.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa yang dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran siswa hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Dari segi
proses pembelajaran IPS pada umumnya guru masih menggunakan metode yang tidak menarik. Untuk itu digunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Penelitian ini secara umum
bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada peserta didik kelas IV SD Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV dengan jumlah 28 orang siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan II siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan lembar observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam perencanaan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,42% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada aspek guru
siklus I memperoleh nilai 70,83% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada siklus I dari
aspek siswa adalah 70,83% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat Pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siswa Siklus I
memperoleh nilai rata-rata 72,88 meningkat pada siklus II rata-rata 86,85. Dengan demikian model Think Pair Share telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 35 Padang Sarai Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16906 |