Hubungan Persepsi Siswa tentang Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar dengan Penyesuaian Diri Siswa

Fitria, Rini (2015) Hubungan Persepsi Siswa tentang Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar dengan Penyesuaian Diri Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RINI_FITRIA_1200045_231_2015.pdf] Text
B1_1_RINI_FITRIA_1200045_231_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh lebih dari separuh (52,5%) siswa tidakbisa menyesuaikan diri secara baik di sekolah. Faktor budaya sekolah dan motivasi diduga mempengaruhi penyesuaian diri. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persepsi siswa tentang budaya sekolah, (2) motivasi belajar,(3) penyesuaian diri siswa, (4) hubungan persepsi siswa tentang budaya sekolah dengan penyesuaian diri siswa, (5) hubungan motivasi belajar dengan penyesuaian diri, serta (6) hubungan persepsi siswa tentang budaya sekolah dan motivasi belajar dengan penyesuaian diri siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Lubuk Alung TahunAjaran 2014/2015 (836) orang; sampel sebanyak 271 orang, yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan reliabilitas 0,860 (persepsi siswa tentang budaya sekolah), 0,913 (motivasi belajar), dan 0,867 (penyesuaian diri siswa). Data dianalisis dengan statistik deskriptif, Product Moment Correlation and regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) persepsi siswa tentang budaya sekolah secara umum berada pada kategori baik, (2) motivasi belajar siswa secara umum berada pada kategori kuat, (3) penyesuaian diri siswa secara umum berada pada kategori baik, (4) terdapat hubungan persepsi siswa tentang budaya sekolah dengan penyesuaian diri siswa (r=0,570, signifikansi 0,000), (5) terdapat hubungan motivasi belajar dengan penyesuaian diri siswa (r=0,767, signifikansi 0,000), dan (6) terdapat hubungan persepsi siswa tentang budayasekolah dan motivasi belajar dengan penyesuaian diri siswa (R=0,772). Implikasi hasil penelitian dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Motivasi Belajar, Penyesuaian Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:42
Last Modified: 21 Jan 2025 06:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item
View Item