Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Simulasi di Kelas VI SDN 02 Timbalun Kec. Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Jafriwaldi, Jafriwaldi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Simulasi di Kelas VI SDN 02 Timbalun Kec. Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JAFRIWALDI_95483_2995_2013 ok.pdf] Text
B1_6_JAFRIWALDI_95483_2995_2013 ok.pdf

Download (706kB)

Abstract

Penelitian berawal dari kenyataaan bahwa proses pembelajaran di SD bersifat monoton, pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa kurang berkembang dengan baik, sehingga hasil belajar PKn siswa belum maksimal. Untuk mengatasinya dilakukan pembelajaran dengan metode simulasi.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan metode simulasi di kelas VI SDN 02 Timbalun Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian meliputi (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus, dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas dan teman sejawat.Pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 02 Timbalun Kota Padang yang berjumlah 18 orang pada semester I tahun ajaran 2012/2013. Penelitian yang dilakukan dengan metode simulasi telah berhasil meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN 02 Timbalun Kota Padang.Hasil penilaian RPP diperoleh skor penilaian RPP Siklus I pertemuan 1 = 56,25%,
pertemuan 2 = 62,5%. Siklus II pertemuan 1 = 78%, pertemuan 2 = 81,25%. Pelaksanaan dari aspek guru siklus I pertemuan 1 = 58%, Pertemuan 2 = 67%. Siklus II pertemuan 1 = 79%, pertemuan 2 = 90%. Hasil pengamatan aspek siswa
siklus I pertemuan 1 = 58%, pertemuan 2 = 69%, siklus II pertemuan 1 = 79%, pertemuan 2 = 87%. Seangkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 =
59,00, pada siklus I pertemuan 2 = 65,28 dan pada siklus II pertemuan 1 menjadi
71,33, pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan dengan rata-rata yang
diperoleh yaitu 84,78. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar PKn siswa kelas VI SDN 02 Timbalun Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:08
Last Modified: 24 Jul 2025 01:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item
View Item