Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Segi Tiga Dengan Pendekatan Kontruktivis di Kelas IV SD Negeri 03 Koto Lamo Kabupaten Lima Puluh Kota

Ramadhan, Izur Manis (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Segi Tiga Dengan Pendekatan Kontruktivis di Kelas IV SD Negeri 03 Koto Lamo Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IZUR_MANIS_RAMADHAN_52368_3295_2012.pdf] Text
B1_6_IZUR_MANIS_RAMADHAN_52368_3295_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan dengan guru kelas IV SD Negeri 03 Koto lamo Kabupaten Lima Puluh Kota ditemui permasalahan selama ini guru belum menggunakan pendekatan kontruktivis
dalam pembelajaran, khususnya pada materi luas jajargenjang dan segitiga. Hal ini berdampak sekali bagi siswa, siswa merasa jenuh dalam pembelajaran luas jajargenjang dan segitiga karena proses pembelajaran hanya satu arah, guru
cendrung menggunakan metode ceramah, sehingga siswa hanya menghafal rumus dan mengerjakan latihan. Sehingga hasil belajar luas jajargenjang dan segitiga tidak mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Dalam hal ini pendekatan
konstruktivis merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat efektif dan efisien untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan agar pembelajaran luas jajargenjang dan segitiga dapat mengembangkan pemahaman siswa terhadap
dunia sekitar dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan hasil belajar luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV yang terdiri dari 14 siswa di SD Negeri 03 Koto Lamo Kabupaten Lima Puluh Kota. Dalam pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri
dari dua kali pertemuan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan,tindakan yang disertai observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan 1 dengan materi luas jajargenjang dengan persentase ketuntasan pada aspek kognitif 21%, aspek afektif 72% dan aspek psikomotor 73%. Pada siklus I pertemuan II pada materi
luas segitiga dengan persentase ketuntasan pada aspek kognitif 50%, pada aspek afektif 71%, dan pada aspek psikomotor 72%. Pada siklus II pertemuan I dengan
materi luas jajargenjang terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Aspek kognitif meningkat menjadi 64%, aspek afektif 86%, dan aspek psikomotor 86%.
Pada siklus II pertemuan II hasil belajar siswa juga meningkat pada materi luas segitiga dengan persentase ketuntasan aspek kognitif 86%, aspek afektif 90%, dan
aspek psikomotor 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar luas jajargenjang dan segitiga di
kelas IV SD. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar luas jajargenjang dan segitiga di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:08
Last Modified: 24 Jul 2025 01:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16887

Actions (login required)

View Item
View Item