Kresna, Ivo Nella (2014) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita FPB dan KPK Dengan Strategi Polya di Kelas V SD Negeri 15 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IVO_NELLA_KRESNA_96239_2270_2014.pdf [thumbnail of B1_6_IVO_NELLA_KRESNA_96239_2270_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IVO_NELLA_KRESNA_96239_2270_2014.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar soal cerita FPB dan KPK di kelas V. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran soal cerita FPB dan KPK siswa tidak dapat memahami masalah, sehingga siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanya dalam soal. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SDN 15 Lubuk Alung dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Alur penelitian terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar
siswa mengalami peningkatan. Hasil penilaian perencanaan siklus I 66.06% dan siklus II 89.28 %, aktivitas guru siklus I 65.62% dan siklus II 90.62%, aktivitas siswa siklus I 65.62% dan siklus II 90.62%. Penelitian siklus I belum terlaksana dengan baik dan penelitian siklus II terlaksana dengan sangat baik, terbukti dari hasil belajar siswa siklus I 68.58 dengan persentase ketuntasan belajar 68.15%
dan meningkat pada siklus II 81.92 dengan persentase ketuntasan belajar 86.36%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran soal cerita FPB dan KPK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 15 Lubuk Alung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 00:57 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 00:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16886 |