Kontribusi Kreativitas Siswa dan Lingkungan Pendidikan terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012

Desfitra, Silfia (2012) Kontribusi Kreativitas Siswa dan Lingkungan Pendidikan terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SILFIA_DESFITRA_06457_2553_2012.pdf] Text
B1_05_SILFIA_DESFITRA_06457_2553_2012.pdf

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran KKPI siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, dimana 40,07% siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran KKPI yaitu 70 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan - penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi kreativitas siswa dan lingkungan pendidikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran KKPI siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 53 orang dan sampel berjumlah 35 orang siswa kelas X Multimedia SMK N 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran KKPI SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Sedangkan data kreativitas siswa dan lingkungan pendidikan dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kreativitas siswa memberikan kontribusi sebesar 24,21% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012; (2) Lingkungan pendidikan memberikan kontribusi sebesar 29,27% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012; (3) Kreativitas siswa dan lingkungan pendidikan secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 34,46% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kreativitas Siswa dan Lingkungan Pendidikan berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar dan semakin baik lingkungan pendidikan, maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Siswa, Lingkungan Pendidikan, Hasil Belajar, Deskriptif Korelasional, Simple Random Sampling
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:53
Last Modified: 24 Jul 2025 00:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item
View Item