Manik, Iva Lina Sari Uli (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IVA_LINA_SARI_ULI_MANIK_1100627_3829_2016.pdf [thumbnail of B1_6_IVA_LINA_SARI_ULI_MANIK_1100627_3829_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IVA_LINA_SARI_ULI_MANIK_1100627_3829_2016.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah guru belum melakukan pembelajaran berdasarkan masalah sehingga siswa belum memiliki kesempatan
berfikir, minat dan motivasi dalam mencari tahu dan menemukan penyelesaian dari suatu masalah, guru belum memanfaatkan sumber pengetahuan yang bervariasi dalam proses pembelajaran, serta belum maksimalnya pelaksanaan
diskusi kelompok dalam kelas sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran PBL dalam peningkatan proses pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD
Negeri 23 Pasir Sebelah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 27 orang. Data penelitian bersumber dari penilaian perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru dan siswa
sewaktu proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penelitian terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II,
perencanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 76.39% (B) menjadi 91.66% (AB), aktivitas guru dari 80.00% (B) menjadi 95.00% (AB), aktivitas siswa dari 77,50% (B) menjadi 90,00% (AB), dan hasil belajar siswa aspek sikap siklus I
memperoleh rata-rata 2,73 meningkat menjadi 3.43, aspek pengetahuan rata-rata 3.08 menjadi 3.46, serta pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata 3.11 menjadi 3.35. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan model Problem
Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 09:16 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16841 |