Pembelajaran Ensambel Menggunakan Model Tutor Sebaya di Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Bukittinggi

Lestari, Tri Retno (2014) Pembelajaran Ensambel Menggunakan Model Tutor Sebaya di Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Bukittinggi. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TRI_RETNO_LESTARI_15897_3489_2014.pdf] Text
final_B1_6_TRI_RETNO_LESTARI_15897_3489_2014.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran musik ensambel campuran menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Objek penelitian adalah proses pembelajaran seni budaya (seni musik) yang melibatkan 40 orang siswa kelas VII-2 pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dengan memakai pembagian penelitian yaitu : daftar wawancara dan seperangkat alat-alat tulis. Sedangkan tekhnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan test. Untuk pengolahan data dilakukan dengan cara mengklarifikasikan data primer dan sekunder kemudian diferivikasi kembali sesuai dengan perumusan masalah penelitian.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa pelajaran ensambel campuran menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dilaksanakan dengan cara yang tepat dan sudah bersifat objektif. Seluruh siswa mendapat nilai KKM atau tuntas dalam belajar bermain musik ensambel campuran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran musik, Ensambel campuran, Seni budaya, dan Model Tutor Sebaya.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:16
Last Modified: 23 Jul 2025 09:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16840

Actions (login required)

View Item
View Item