Iswantini, Iswantini (2012) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pecahan Dengan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 16 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_ISWANTINI_58317_4456_2012.pdf [thumbnail of B1_6_ISWANTINI_58317_4456_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_ISWANTINI_58317_4456_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi pengalaman peneliti selama mengajar di kelas V SDN 16 Luhak Nan Duo, bahwa pembelajaran perkalian pecahan dengan Standar Kompetensi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah dan Kompetensi Dasar mengalikan berbagai bentuk pecahan. Banyak siswa yang
memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ), KKM adalah 70. Pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran dengan metode problem solving dengan langkah – langkah 1) Memahami masalah, 2) Merencanakan
penyelesaiannya, 3) Menyelesaikan masalah, 4) Melakukan pengecekan kembali. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar perkalian pecahan dengan
metode problem solving dikelas V SDN 16 Luhak Nan Duo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi aktivitas guru, siswa, dan tes hasil pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 orang dan 2 observer. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil tes kognitif, afektif, psikomotor siklus I rata – rata nilai siswa 65,9, sedangkan pada siklus II rata – rata nilai siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotor adalah 80,25. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dengan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar perkalian pecahan siswa dikelas V SDN 16 Luhak Nan Duo.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:30 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16835 |