Hayati, Syamsul (2014) Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SYAMSUL_HAYATI_1107896_1977_2014.pdf [thumbnail of B1_5_SYAMSUL_HAYATI_1107896_1977_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SYAMSUL_HAYATI_1107896_1977_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Individu perlu memahami dirinya agar potensi individu berkembang denganoptimal. Salah satu pemahaman diri yang baik adalah individu memiliki konsep diriyang baik juga, karena konsep diri merupakan suatu penilaian mengenai keadaan dirisendiri. Individu yang berkembang konsep dirinya dengan baik akan tumbuh rasapercaya diri, berani, motivasi belajar tinggi, dan memiliki pandangan positif terhadapdirinya. Kenyataan yang ditemukan yaitu masih ada siswa yang memiliki konsep diridan motivasi belajar pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan bagaimana hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajarsiswa di SMP N 2 Pantai Cermin Kab.Solok.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptifkorelasional yang mendeskripsikan konsep diri dan motivasi belajar serta hubungandi antara kedua variabel tersebut. Populasi penelitian ini berjumlah 170 siswa dansampel sebanyak 88 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisisdengan teknik statistik deskriptif, dan teknik Spearman’s menggunakan programstatistic SPSS for Windows 17.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep diri siswa dikategorikanbaik, (2) motivasi belajar siswa dikategorikan baik, (3) terdapat hubungan yangsignifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa dengan perolehan korelasiatau rhitung sebesar 0.668 pada taraf signifikansi = 0.000 yang berarti korelasinya kuatdan positif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru BK agar lebihmeningkatkan layanan BK yang diberikan kepada siswa sehingga siswa mampumeningkatkan dan mengembangkan konsep diri serta memiliki motivasi belajar yangbaik dan umumnya kepada pihak sekolah agar lebih mendukung semua layanan BKyang dapat meningkatkan motivasi dan meningkatkan pemahaman siswa terhadapdirinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI, MOTIVASI BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 09:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 09:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16809 |