Khairunnisa, Khairunnisa (2014) Peningkatan Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_KHAIRUNNISA_07679_4746_2014.pdf [thumbnail of B1_6_KHAIRUNNISA_07679_4746_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_KHAIRUNNISA_07679_4746_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran siswa terlihat pasif, tidak terlihat siswa belajar kelompok dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti melakukan penelitian yang berjudul Peningkatan Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas Dasar Negeri 15 Magek Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Magek Kabupaten Agam. Dengan tujuan agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian adalah PTK. Data penelitian ini berupa lembar pengamatan dan dokumentasi dari setiap tindakan dalam proses pembelajaran. Tahap dari PTK yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Magek Kecamatan Kamang Magek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian dari pengamatan aspek RPP dari rata-rata 80% pada siklus I meningkat menjadi menjadi 96% pada siklus II. Dari pengamatan aspek guru dari rata-rata 70.5% Pada siklus I meningkat menjadi 96% pada siklus II. Kemudian pada aspek siswa dari rata-rata 66.5% pada siklus I meningkat menjadi 95% pada siklus II. Dari hasil belajar siswa menunujukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, ratarata hasil belajar siswa dari 71 pada siklus I meningkat menjadi 85 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil pembelajaran PKn kelas V SDN 15 Magek.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil pembelajaran, proses pembelajaran pkn, kooperatif Tipe Group Investigation (GI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16787 |