Kontribusi Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Padang

Mulyadi, Sepri (2016) Kontribusi Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SEPRI_MULYADI_1102112_124_2017.pdf] Text
B1_05_SEPRI_MULYADI_1102112_124_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kebiasaan belajar secara bersama sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini berjumlah 57 orang dan sampel berjumlah 37 orang siswa kelas X TAV di SMK Negeri 1 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Kelas X TAV di SMK Negeri 1 Padang. Sedangkan data persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kebiasaan belajar dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa (1) Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kebiasaan belajar siswa secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar di SMK Negeri 1 Padang sebesar 51,7%, (2) Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar di SMK Negeri 1 Padang sebesar 34,9%, (3) Kebiasaan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar di SMK Negeri 1 Padang sebesar 20,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kebiasaan belajar secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri berkontribusi terhadap hasil belajar di SMK Negeri 1 Padang, semakin meningkat persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:51
Last Modified: 23 Jul 2025 07:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16780

Actions (login required)

View Item
View Item