Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Keterampilan Materi Anyam Kertas Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Tarusan Pesisir Selatan.

Syamsuarli, Syamsuarli (2013) Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Keterampilan Materi Anyam Kertas Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Tarusan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SYAMSUARLI_1107942_100_2014.pdf] Text
B1_5_SYAMSUARLI_1107942_100_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitia ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar tengah semesterketerampilan anyam kertas siswa kelas VIII D MTs Negeri Tarusan PesisirSelatan. Keadaan ini ditunjukan dengan rendahnya hasil belajar keterampilananyam kertas yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70.Diduga, kemungkinan salah satu penyebabnya adalah : mediapembelajaran yang digunakan guru belum mampu memotivasi siswa kelas VIII DMTS Negeri Tarusan dalam proses pembelajaran sehingga belum meningkatkanhasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknyapeningkatan hasil belajar materi anyam kertas siswa dengan menggunakan mediaaudiovisual.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) denganpenggunaan media audiovisual yang dilaksanakan tanggal 7 Mei 2013 sd 28 Juni2013 pada siswa kelas VIII D MTs Negeri Tarusan yang berjulah 35 orang yangterdiri dari 17 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakansebanyak dua siklus, alat pengumpul data menggunakan lembaran observasi,lembaran pengamatan guru, lembaran pengamatan siswa dan format penilaianhasil belajar, data diolah dengan menggunakan rumus persentase. Hasilpengolahan data memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar. Rata-ratahasil belajar pada siklus I 69,57 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar78,14 Perolehan hasil belajar ini menunjukan peningkatan yang signifikan sebagaihasil dari tindakan yang sudah dilakukan, pada siklus II hasil belajar sudah beradadiatas KKM.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penggunaan mediaaudiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media audiovisual inikedepannya akan selalu dipakai di dalam pembelajaran hal ini terlihat daripeningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari setip siklus yang dilaksanakan,penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa terhadap materi anyam kertas siswa kelas VIII D MTs Negeri TarusanPesisir Selatan. Disarankan juga bagi guru yang mengajar materi seni rupa untukmenerapkan penggunaan media audiovisual ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA AUDIOVISUAL, HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN ANYAMAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:01
Last Modified: 23 Jul 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16772

Actions (login required)

View Item
View Item