Misrawati, Isra (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 19 Koto Baru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_ISRA_MISRAWATI_95561_5503_2016.pdf [thumbnail of B1_6_ISRA_MISRAWATI_95561_5503_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_ISRA_MISRAWATI_95561_5503_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru lebih banyak mendominasi proses pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif, cepat jenuh, suka buat keributan, kurang konsentrasi, terlebih lagi siswa tidak mampu untuk menyampaikan ide-ide dalam bentuk pertanyaan maupun untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal yang mendasari peneliti melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode problem solving di kelas IV SD Negeri 19 Koto Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 19 Koto Baru.Data penelitian ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya peningkatan. Berikut adalah peningkatan nilai ratarata hasil penelitian:(1) RPP siklus I 66% (C) meningkat menjadi 84% (B) pada siklus II;(2) aktivitas guru pada siklus I 61% (C) meningkat menjadi 89,5% (SB) pada siklus II; (3) aktivitas siswa pada siklus I 62,5% (C) meningkat menjadi 91% (SB) pada siklus II; dan (4)hasil belajar siswa: (a)aspek kognitif pada siklus I 61 (C) meningkat menjadi 75 (B) pada siklus II, (b) aspek afektif pada siklus I 69,5 (C) meningkat menjadi 78 (B) pada siklus II, dan (c) aspek keterampilan pada siklus I 64,5 (C) meningkat menjadi 81,5 (B) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian tindakan kelas menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 19 Koto Baru.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16744 |