Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Role Playing di Kelas V SDN 05 Pasia Laweh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam

Firiani, Isra (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Role Playing di Kelas V SDN 05 Pasia Laweh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_ISRA_FIRIANI_95279_1765_2016.pdf] Text
B1_6_ISRA_FIRIANI_95279_1765_2016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh refleksi awal peneliti sebagai guru di kelas V SDN 05 Pasia Laweh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Berdasarkan hasil ujian mid semester I siswa pada pembelajaran IPS tahun pelajaran 2014/2015 masih rendah. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh kurangnya kreatifitas siswa dalam pembelajaran dan juga kurangnya kreatifitas guru untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran di kelas. Keadaan ini berdampak pada hasil
belajar siswa yang rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah
16 orang, 10 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil penelitian siklus I pertemuan I penilaian RPP adalah 84% (baik) dan pertemuan II sebanyak 88% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 93% (sangat
baik). Aktifitas guru siklus I pertemuan I adalah 79% (cukup) dan pada pertemuan II 85% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 92% (sangat baik). Aktifitas
siswa siklus I adalah 71% (cukup) dan pertemuan II adalah 83% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 90% (sangat baik). Hasil belajar siswa siklus I pertemuan I
adalah 71,43 (cukup) dan pertemuan II 74,62 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 82,62 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan
metode Role Playing di kelas V SDN 05 Pasia Laweh Kecamatan Palupuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:24
Last Modified: 23 Jul 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16729

Actions (login required)

View Item
View Item