Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas V SDN 18 Padang Datar Payakumbuh.

Kemala, Natasha (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas V SDN 18 Padang Datar Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NATASHA_KEMALA_93559_3533_2015.pdf] Text
final_B1_6_NATASHA_KEMALA_93559_3533_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran IPA masih menekankan konsep yang terdapat di dalam buku. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran langsung. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran langsung di kelas V SDN 18 Padang Datar Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan, secara kolaboratif antara peneliti (praktisi) dan guru (observer). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD terteliti. Prosedur penelitian ada empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan mengalami peningkatan. Peningkatan dapat dilihat pada: a) Perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 71%, kriteria baik sedangkan siklus II diperoleh rata-rata 90%, kriteria sangat baik. b) Pelaksanaan pembelajaran terhadap peneliti siklus I diperoleh rata-rata 70%, kriteria baik dan siklus II diperoleh rata-rata 90%, kriteria sangat baik. Sedangkan terhadap siswa siklus I diperoleh persentase 70%, kriteria baik dan siklus II diperoleh persentase 85%, kriteria sangat baik. c) Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata siklus I 70,56 kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,88 kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Langsung, Kelas V, SDN 18 Padang Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:23
Last Modified: 23 Jul 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16721

Actions (login required)

View Item
View Item