Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Febriantika, Isra (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_ISRA_FEBRIANTIKA_54256_5886_2014.pdf] Text
B1_6_ISRA_FEBRIANTIKA_54256_5886_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih berpusat kepada guru. Guru hanya menjelaskan, bertanya jawab dan menyuruh siswa menghapal
fakta-fakta yang ada sehingga siswa kurang mampu dalam mengeluarkan ide-idenya dan kurang terlatih untuk berfikir kritis dalam memecahkan masalah. Hal ini mengakibatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskr
Problem Based Learning (PBL) bagi siswa kelas IV SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi
tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatandan hasil evaluasi. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPS dengan
menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Subjek penelitian adalah guru (observer),temann sejawat (observer), peneliti (praktisi), dan siswa kelas IV SDN 08 Padang Besi yang berjumlah sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Penilaian RPP siklus I diperoleh rata-rata nilai 80,3% dengan kategori (sangat baik) dan siklus II meningkat menjadi 87,5%
dengan kategori (sangat baik) b) penilaian aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 73,4% dengan (kategori baik) dan siklus II meningkat menjadi 94% dengan kategori (sangat baik), c) penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 73,4% dengan kategori (baik) dan siklus II meningkat menjadi 94% dengan kategori (sangat baik), d) penilaian hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 71,1 dengan kategori
(baik)dan siklus II meningkat menjadi 83 dengan kategori (sangat baik). Dengan demikian,model PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 08 Padang
Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:23
Last Modified: 25 Jul 2025 02:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16717

Actions (login required)

View Item
View Item