Cia, Rani Hutri (2015) Meningkatkan Kreativitas Siswa dengan Menggunakan Metode Kelompok pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas XI IPS 2 pada Siswa di SMA Negeri 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RANI_HUTRI_CIA_1103491_5084_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_RANI_HUTRI_CIA_1103491_5084_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RANI_HUTRI_CIA_1103491_5084_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Sawahlunto sebagai respon yang semakin melemahnya kualitas belajar seni tari khususnya dalam kegiatan pembelajaran sebagai guru masih melaksanakan pembelajaran dengan metode konfensional. Segala kegiatan didominan oleh guru sehingga kurang menampakkan kreativitas pada belajar siswa. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan kreativitas belajar siswa. Contoh kreativitas yang dapat meningkatkan pembelajaran siswa yakni dengan kerja kelompok, siswa-siswa dapat bekerjasama untuk mengembangkan gerak awal yang diberikan pancingan oleh guru dan siswa menambahkan dan lebih mengembangkan gerak itu sendiri.Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator siswa yang memiliki kreativitas dengan pembelajaran seni tari. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode kelompok dapat meningkatkan kreativitas siswa. Ide dan gagasannya muncul dalam melahirkan gerak sebagai ungkapan perasaan dalam menyusun gerak tari. Siswa yang biasanya tidak kreatif menjadi kreatif dan siswa yang biasanya kurang sungguhsungguh menjadi lebih sungguh-sungguh.Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan indikator kesungguhan, mengeluarkan pendapat dan kerjasama. Pada siklus I untuk indikator kesungguhan menunjukkan 72,4%, untuk indikator mengeluarkan pendapat menunjukan 60,5% dan untuk indikator kerja sama menunjukan 73,7%. Hasil analisis tes kreativitas pada siklus I menunjukan 61,4%. Selanjutnya pada siklus II untuk indikator kesungguhan menunjukan 76,3%, untuk indikator mengeluarkan pendapat menunjukan 76,3% dan untuk indikator kerja sama menunjukan 86,8%. Hasil analisis tes kreativitas pada siklus II menunjukan 71,5%. Dengan demikian metode kelompok yang digunakan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 2.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas,Seni,Tari |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:21 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16697 |