Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Bola Pintar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Padang

Murniladepi, Sri (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Bola Pintar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SRI_MURNILADEPI_95764_1853_2017.pdf] Text
B1_07_SRI_MURNILADEPI_95764_1853_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah masih rendahnya kemampuan membaca anak seperti belum optimal kemampuan dalam mengenal kata sederhana, anak belum mampu menyusun huruf menjadi kata, menyusun suku kata menjadi kata, dan mencocokkan kata dengan gambar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK Aisyiyah 11 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Aiysiyah 11 Padang yang berjumlah 15 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui hasil observasi atau pengamatan kegiatan anak selama melakukan pembelajaran membaca melalui permainan Bola Pintar di TK Aisyiyah 11 Padang. Data hasil belajar anak dianalisis dengan teknik persentase. Hasil rata-rata penelitian dari sebelum tindakan sampai Siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kemampuan membaca anak mengalami peningkatan dari Siklus I sampai Siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan bola pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Aiysiyah 11 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Anak, Bola Pintar, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Literasi Dini, TK Aisyiyah 11, Pendidikan Anak, Metode Inovatif, Kota Padang, Taman Kanak-Kanak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:20
Last Modified: 23 Jul 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16685

Actions (login required)

View Item
View Item