Arifah, Sari (2015) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Student Fasilitator and Explaining (Sfae) Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Tebo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SARI_ARIFAH_05039_3611_2016.pdf [thumbnail of B1_05_SARI_ARIFAH_05039_3611_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SARI_ARIFAH_05039_3611_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa umumnya siswa kurang aktif dalam menyelesaikan permasalahan pada mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator And Explaining menggunakan handout terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN 1 Tebo Kabupaten Tebo. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan randomized control group only design. Populasi adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tebo yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel adalah kelas sebagai kelas kontrol dan kelas sebagai kelas eksperimen. Data penelitian adalah hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah afektif. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan rubrik penskoran. Data diambil menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif adalah 80,23 untuk kelas eksperimen dan 75,68 untuk kelas kontrol. Pada ranah afektif adalah 82,17 untuk kelas eksperimen dan 81,04 untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap kedua kelompok sampel pada ranah kognitif didapatkan thitung = 1,86 lebih besar dari ttabel = 1,67 dan pada ranah afektif didapatkan thitung = 2,74 lebih besar dari ttabel = 1,67. Dari hasil uji untuk kedua ranah didapatkan nilai thitung > ttabel menyebabkan terdapat perbedaan yang berarti. Perbedaan ini diyakini karena perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen sehingga terdapat pengaruh yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator And Explaining menggunakan handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Tebo Kabupaten Tebo.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | student facilitator and explaining; handout; hasil belajar; pembelajaran fisika; siswa SMA |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:05 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16663 |