Mulyati, Sri (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Bendera Berhuruf di Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Sisawah Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_SRI_MULIYATI_1308693_144_2017.pdf [thumbnail of B1_07_SRI_MULIYATI_1308693_144_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_SRI_MULIYATI_1308693_144_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di TK Dharmawanita Sisawah Sijunjung, dalam kenyataan yang peneliti temukan dilapangan bahwa kemampuan membaca anak rendah. Sebagai penyebabnya antara lain pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi dalam mengenal konsep membaca anak. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan bendera berhuruf sehingga anak mampu mengenal huruf, mampu membedakan huruf yang bentuknya hampir sama dan mampu menyebutkan huruf pada kata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian kelompok B TK Dharmawanita Sisawah Sijunjung dengan jumlah murid yang diteliti adalah 10 orang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dan analisis data berupa observasi selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Kemampuan membaca anak pada siklus I pada umumnya masih kurang atau rendah sesuai dengan persentase dan tingkat keberhasilan yang ditampilkan. Dilanjutkan pada siklus II kemampuan membaca anak mengalami peningkatan dan menunjukan hasil yang positif yaitu melebihi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan, terlihat dari keberhasilan pada setiap indikatornya. Dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan bendera berhuruf, setelah dilakukan tindakan dari siklus I dan Siklus II telah mencapai hasil yang positif sehingga kemampuan membaca anak di Taman Kanak-Kanak dharmawanita Sisawah Sijunjung meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Anak, Permainan Bendera Berhuruf, Anak Usia Dini, Metode Pembelajaran, Literasi Dini, TK Dharmawanita, Stimulasi Bahasa, Pendidikan Anak, Sisawah, Kabupaten Sijunjung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 05:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16658 |