Sukma, Sutiwi (2022) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_Sutiwi_Sukma_17006181_1404_2022.pdf [thumbnail of B1_5_Sutiwi_Sukma_17006181_1404_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_Sutiwi_Sukma_17006181_1404_2022.pdf
Download (309kB)
Abstract
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak yang ada didalamdiri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan darikegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuanyang dikehendaki dapat tercapai. Siswa yang belajar dengan motivasi tinggi akanmelaksanakan semua kegiatan belajarnya dengan sungguh-sungguh dan penuhgairah, tekun dalam mengerjakan tugas, ulet ketika menghadapi kesulitan,memiliki minat dan bekerja mandiri. Kenyataannya masih ada siswa yang kurangmemiliki motivasi belajar seperti malas belajar, kurang bertanggung jawab denganpekerjaan rumah yang diberikan guru dan kurang mampu mengatur jadwal belajar.Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi motivasi belajar adalah dukungansosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) dukungansosial teman sebaya, (2) motivasi belajar siswa, serta (3) menguji danmenganalisis hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajarsiswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitiandeskriptif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 627 siswa yang terdaftar dikelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis pada Semester Januari-JuniTahun Ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 264 siswa yang dipilih secaraStratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Daftar IsianDukungan Sosial Teman Sebaya dan Daftar Isian Motivasi Belajar Siswa” denganmenggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptifdan teknik korelasional Pearson Product Moment.Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) dukungan sosial temansebaya siswa berada pada kategori rendah, (2) motivasi belajar siswa berada padakategori rendah, (3) dan terdapat hubungan positif yang signifikan antaradukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa dengan koefisienkorelasi 0,178 dan taraf siginifikansi 0,004. Implikasi penelitian ini bagiBimbingan dan Konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasidengan topik “Cara belajar yang efektif” serta layanan bimbingan kelompokdengan topik tugas “etika dalam membina hubungan dengan teman dalam belajar”.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SOSIAL TEMAN SEBAYA, MOTIVASI BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 05:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16657 |