Ningsih, Indah Wahyu (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Learning Cycle (5E) di Kelas IV SD Angkasa I Lanud Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_INDAH_WAHYU_NINGSIH_96258_4148_2013.pdf [thumbnail of B1_6_INDAH_WAHYU_NINGSIH_96258_4148_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_INDAH_WAHYU_NINGSIH_96258_4148_2013.pdf
Download (532kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih rendah hal ini disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru dan proses pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk mengorganisasikan materi dengan pengetahuan yang dimiliki siswa sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model learning cycle (5E) di kelas IV SD Angkasa I Lanud Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV SD Angkasa I Lanud Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari tiap siklus. Hasil perencanaan pada siklus I memperoleh nilai 78,57% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 91,06% dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran IPA dari aspek guru pada siklus I memperoleh nilai 78,75% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 92,5% dengan kriteria sangat baik, pada aspek siswa siklus I memperoleh nilai 76,25% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 88,75% dengan kriteria baik. Rata-rata penilaian hasil belajar siswa siklus II lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata penilaian hasil belajar siswa siklus I yaitu 71,55% dengan kriteria cukup, meningkat menjadi 82,46% dengan kriteria baik. Dengan demikian, model learning cycle (5E) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Angkasa I Lanud Kecamatan Padang Utara Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, MODEL LEARNING CYCLE (5E) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:14 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16608 |