Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Project Based Learning dengan Metode Konvensional dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Solok.

Riantini, Susi (2015) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Project Based Learning dengan Metode Konvensional dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SUSI_RIANTINI_5087_2015.pdf] Text
B1_5_SUSI_RIANTINI_5087_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perbedaan hasil belajar Seni Rupa siswakelas X SMA Negeri 2 kota Solok yang menggunakan metode Project BasedLearning dengan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan perbedaan hasil belajar menggunakan metode Project BasedLearning dengan metode konvensional dalam pembelajaran Seni Rupa siswakelas X SMA Negeri 2 Kota Solok.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatifeksperimen semu (Quasi-experiment), dengan rancangan penelitian PretestPostest Control Group Desaign, pemilihan sampel menggunakan teknik acak(random sampling) pada siswa kelas X SMAN 2 Kota Solok. Kelas yang dipilihsebagai sampel penelitian adalah kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument tes hasilbelajar, tes yang digunakan perlu dilihat terlebih dahulu indeks kesukaran, dayapembeda, dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah tahappengolahan deskriptif, tahap pengolahan analisis induktif yang terdiri dari; ujinormalitas dan uji homogenitas, serta tahap pengujian hipotesis yaitu uji bedamenggunakan (Paired Sampel t test).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasilbelajar menggunakan metode Project Based Learning dengan metodekonvensional dalam pembelajaran seni rupa siswa kelas X SMA Negeri 2 KotaSolok. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan bahwa nilai thitung = 18.369 danttabel = 2.040. Hal ini berarti t hitung > t tabel, dan rata-rata post-test kelas eksperimenyaitu 86.70 sedangkan kelas kontrol yaitu 79.23, maka hal ini membuktikanbahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya rata-rata (mean) nilai kelas eksperimendan kelas kontrol adalah tidak identik atau berbeda. Dapat disimpulkan bahwaterdapat perbedaan hasil belajar menggunakan metode Project Based Learningdengan metode konvensional dalam pembelajaran Seni Rupa siswa kelas X SMANegeri 2 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PROJECT BASED LEARNING, METODE KONVENSIONAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:11
Last Modified: 23 Jul 2025 04:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16596

Actions (login required)

View Item
View Item