Khairil, Khairil (2013) eningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas V SDN 06 Situjuah Batua Keeamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_KHAIRIL_50507_2124_2013.pdf [thumbnail of B1_6_KHAIRIL_50507_2124_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_KHAIRIL_50507_2124_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 06 Situjuah Batua
kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Siswa
masih kesulitan dalam memahami konsep IPA karena belum
menggunakan Metode yang tepat akibatnya pembelajaran kurang
menyenangkan bagi peserta didik terbukti dengan nilai IPA kurang
memuaskan. Metode pembelajaran tepat adalah Metode Inkuiri. Metode ini
memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir, melatih siswa memecahkan
masalah menemukan jawaban sendiri. Melihat hal tersebut dirumuskan masalah
dalam penelitian ini bagaimanakah penggunaan metode Inkuiri untuk peningkatan
basil belajar siswa.
Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan basil belajar IPA
dengan menggunakan metode Inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I
tahun ajaran 2012/2013 di SDN 06 Situjuah Batuah Kecamatan Situjuah
Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
ini dilaksanakan 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II
dilaksanakan 1 kali pertemuan.
Hasil penilaian siklus I pertemuan l,dalam penelian RPP menclapat
persentase 71,4%,siklus I pertemuan 2 sebesar 92,8% Sangat Baik
(SB),pada siklus II 96,4% Sangat Baik (SB),hasil penilain dari aspek
kegiatan guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 79,7% Baik (B), siklus I
pertemuan 2 sebesar 87,5% Sangat Baik (SB), pada siklus 11 96,9% Sangat
Baik (SB). Aspek kegiatan siswa pada siklus I pertemuan I diperoleh
persentase sebesar 71,4% Cukup (C), pada siklus I pertemuan 2 sebesar 82%
Baik (B), pada siklus II memperoleh persentase 89% Sangat Baik (SB). Untuk
basil penilaian pembelajaran pada siklus I pertemuan Idi peroleh nilai rata-rata,
66,8 Cukup '(C), siklus I pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata 84 Baik
(B), clan siklus II memperoleh nilai rata-rata 89 Sangat Baik (SB). Berdasarkan
data tersebut disimpulkan bahwa Metode Inkuiri dapat meningkatkan basil belajar
IPA bagi siswa kelas V di SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16588 |