Mulia, Teguh (2022) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dalam Memilih Geografi sebagai Program Lintas Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_Teguh_Mulia_18045126_1994_2022.pdf [thumbnail of B1_01_Teguh_Mulia_18045126_1994_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_Teguh_Mulia_18045126_1994_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar
terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MIPA di SMAN 8 Padang (2) Untuk
mengetahui pengaruh keputusan memilih lintas minat geografi terhadap hasil
belajar geografi Kelas X MIPA di SMAN 8 Padang (3) Untuk mengetahui
pengaruh motivasi belajar dan keputusan memilih lintas minat geografi terhadap
hasil belajar pada mata pelajaran geografi Kelas X MIPA di SMAN 8 Padang
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif,
subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 di SMA Negeri
8 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu offline dan online
dengan menggunakan angket kertas dan Google Form, dibagikan langsung dikelas
serta melalui aplikasi WhatsApp Group kelas. Teknik Sampling menggunakan
total sampling dengan jumlah sampelnya sama dengan populasi, yaitu sebanyak
68 siswa.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: terdapat (1) pengaruh yang signifikan
antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA
5 SMAN 8 Padang dengan nilai t-hitung (3,431) > t-tabel (1,99714) dengan
tingkat signifikan 0,004 < 0,05. Dan juga terdapat (2) pengaruh yang signifikan
antara keputusan terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5
SMAN 8 Padang dengan nilai t-hitung (2,344) > t-tabel (1,99714) dengan tingkat
signifikan 0,002 < 0,05. Terdapat (3) pengaruh variable motivasi belajar dan
keputusan bisa menjelaskan variable hasil belajar sebesar 72,4
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16584 |